The Mandalika, 13 Februari 2025 – Dalam rangka menyambut Festival Bau Nyale 2025 yang akan diselenggarakan pada 18-19 Februari 2025, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC turut berperan aktif dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dalam mensukseskan perayaan budaya ikonik yang hanya ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). ITDC berperan dalam menyiapkan venue serta memastikan kelancaran dan keamanan acara, sehingga rangkaian festival dapat berlangsung dengan tertib, meriah, dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi peserta maupun pengunjung.Festival Bau Nyale 2025 akan diawali dengan pertunjukan Peresean yang akan berlangsung pada 14–16 Februari 2025 area Kuta Beach Park (KBP). Tradisi adu ketangkasan ini menjadi bagian dari kekayaan budaya Sasak yang selalu dinantikan oleh masyarakat dan wisatawan. Pada 17 Februari 2025, festival akan semakin semarak dengan Parade "Siu Puteri Mandalika", dimana 1.000 siswi SD hingga SMA mengenakan busana khas Puteri Mandalika yang akan parade dari Bazaar Mandalika menuju KBP, menghadirkan kecantikan dan keanggunan budaya Sasak.Selain itu, sebagai wujud komitmen terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan, ITDC akan menggelar Giat Bersih Gotong Royong pada 14 Februari 2025 di Pantai Seger, melibatkan seluruh pegawai The Mandalika untuk mendukung kelancaran Festival Bau Nyale 2025.PGS. General Manager The Mandalika Wahyu M. Nugroho menyampaikan, “Festival Bau Nyale merupakan salah satu perayaan budaya terbesar di Lombok yang memiliki nilai historis mendalam bagi masyarakat Lombok. Lebih dari sekadar tradisi, festival ini juga menjadi salah satu daya tarik utama pariwisata di The Mandalika.”Sementara itu, puncak Festival Bau Nyale akan berlangsung pada malam 18 Februari 2025 di Bukit Seger, The Mandalika, yang juga menjadi momen penobatan Puteri Mandalika 2025. Sebagai bagian dari dukungan penuh terhadap acara ini, ITDC menyediakan berbagai fasilitas, termasuk fasilitas pendukung seperti toilet, tenda untuk UMKM, serta berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Lombok Tengah dalam pembersihan jalan akses menuju lokasi festival. Demi kenyamanan pengunjung, ITDC juga menyiapkan 20 tenaga kebersihan dan 30 orang petugas keamanan untuk memastikan kebersihan dan keamanan selama acara berlangsung.“Sebagai pengembang dan pengelola kawasan The Mandalika, ITDC berkomitmen untuk mendukung kelancaran Festival Bau Nyale dengan menyediakan fasilitas yang memadai, memastikan keamanan serta kenyamanan pengunjung, dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjaga kebersihan serta kelancaran acara. Kami berharap festival ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi seluruh peserta dan wisatawan yang hadir, sekaligus semakin memperkuat citra The Mandalika sebagai destinasi pariwisata unggulan berbasis budaya dan keberlanjutan. Sampai jumpa di The Mandalika!" tutup Wahyu.
Read MoreJakarta, 12 Februari 2025 - Merayakan hari kasih sayang, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC bersama para tenant di tiga kawasan unggulan, The Nusa Dua, Bali, The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan The Golo Mori, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menawarkan berbagai program dan promo spesial untuk menciptakan momen penuh cinta bagi para pengunjung.Direktur Operasi ITDC, Wenda R Nabiel menyampaikan, “Kami sangat antusias untuk menghadirkan pengalaman spesial bagi para pengunjung di tiga kawasan ITDC. Bersama para tenant, berbagai program dan promo ini tidak hanya memberikan suasana romantis, tetapi juga memperkuat peran kawasan pariwisata kami sebagai destinasi premium yang menawarkan pengalaman tak terlupakan.” Sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, “Bali’s Finest Family-Friendly Resort Haven”, The Nusa Dua menghadirkan berbagai pengalaman romantis yang dapat dinikmati oleh pasangan dan keluarga. Amarterra Autograph Collection Hotels menawarkan Valentine's Day Dinner di Maja Restaurant dengan ragam menu spesial. Sementara itu, Bali Nusa Dua Hotel menyajikan Valentine Special Set Menu yang tersedia sepanjang hari dari pukul 11.00 hingga 23.00 WITA. Bagi yang ingin merawat kesehatan dan kecantikan kulit, BIMC Hospital Nusa Dua mempersembahkan Bundling Promo, Rejuran Promo, dan Romantic Promo Package by CosMedic. Di Kayu Manis, The Nusa Dua, pengunjung dapat menikmati promo A Taste of Romance berupa santapan 4-course set menu dengan segelas wine. Novotel Bali Nusa Dua menawarkan Valentine's Dinner dengan menu spesial berupa set romantic dinner dan buffet menu. Para pecinta steak dapat menikmati pengalaman kuliner istimewa “Steaksmith” di Renaissance Bali Nusa Dua Resort. Sementara Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort mempersembahkan Le Brunch Romantique pada 16 Februari serta Romantique Soiree pada 14-15 Februari. Laguna Resort & Spa mengadakan Valentine's: A Night of Passion and Flames pada 14 Februari pukul 18.00-23.00 WITA. ST Regis Bali Resort menghadirkan program Romantic Escape at Cloud Nine Chapel, Truffle Temptations dengan sajian red and black chocolate, serta Timeless Valentine’s Dinner dan Valentine's Day Cocktails. The Westin Resort Nusa Dua, Bali menawarkan Heavenly Spa Blissful Valentine dan Heart of Harmony: A Wellness Journey for Two yang dirancang untuk memberikan relaksasi dan keseimbangan bagi pasangan. Ayodya Resort Bali menghadirkan program Romance by The Sea, makan malam romantis dihiasi sinaran cinta dan ombak kasih sayang.Sementara, The Mandalika, para pengunjung dapat menikmati pengalaman romantis di tengah keindahan alam Lombok. Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort menghadirkan Sunset for Two Valentine’s Edition, Exclusive Treatment for Two, Merujani Romance Retreat, serta Hydrotherapy Flower Bath Renewal yang memberikan sensasi relaksasi menenangkan bagi pasangan. Sementara itu, Raja Hotel menyajikan Beast of Love Special Valentine’s Night dengan menu spesial bertemakan cinta seperti Love of Spark dan Bit of Love yang semakin menambah nuansa romantis perayaan Hari Kasih Sayang.Dan di kawasan eksklusif The Golo Mori, pengunjung dapat menikmati pengalaman romantis di tepi pantai dengan Nuka Beach Club yang menghadirkan Golo Mori Valentine’s Escape, berlangsung pada 13-17 Februari. Suasana romantis di tepi pantai yang indah akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi pasangan yang ingin merayakan cinta mereka.“Dengan ragam promo dan pengalaman yang ditawarkan, ITDC dan para tenant berharap dapat memberikan momen penuh cinta dan kebahagiaan bagi para pengunjung. Semoga kawasan kami dapat terus menjadi pilihan untuk momen spesial wisatawan dalam dan luar negeri.” tutup Wenda.
Read MoreThe Mandalika, 10 Februari 2025 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC resmi menandatangani kontrak dengan PT Asuransi Jasaraharja Putera untuk pengadaan asuransi aset di Pertamina Mandalika International Circuit. Penandatanganan perjanjian ini diwakili oleh Direktur Operasi ITDC, Wenda R. Nabiel, dan Direktur Pemasaran PT Asuransi Jasaraharja Putera, Imam Hendrawan hari ini Senin, (10/2) di VIP Deluxe, Pertamina Mandalika International Circuit, kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, NTB.Melalui kontrak ini, ITDC dan Jasaraharja Putera memberikan perlindungan asuransi terhadap berbagai aset strategis untuk mendukung operasional dan keamanan infrastruktur, termasuk VIP Village, Grandstand Premium, Grandstand Regular, beautifikasi pit building, fasilitas paddock, dan beberapa aset penunjang lainnya, yang menjadi bagian integral dari operasional hingga pengalaman penonton di sirkuit.Direktur Operasi ITDC Wenda R. Nabiel, menyatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari komitmen ITDC dalam menjaga standar keamanan dan keselamatan di The Mandalika. “Dengan adanya polis asuransi ini, ITDC memastikan bahwa setiap potensi risiko terhadap aset, baik yang berkaitan dengan kerusakan fisik maupun faktor eksternal lainnya, dapat ditangani dengan cepat dan profesional. Langkah ini merupakan bagian dari strategi mitigasi risiko, mengingat grandstands merupakan fasilitas utama dalam setiap gelaran balap internasional, termasuk GT World Challenge Asia yang akan segera digelar, IndonesianGP, ARRC, serta Porsche Carrera Asia Cup yang hadir perdana tahun ini di Pertamina Mandalika International Circuit.Kontrak kerja sama antara ITDC dengan JRP mencakup perlindungan selama satu tahun penuh, mulai dari 22 Desember 2024 – 21 Desember 2025. Perlindungan komprehensif terhadap berbagai risiko, termasuk kerusakan fisik tak terduga, bencana alam seperti gempa dan tsunami, serta gangguan bisnis dengan perlindungan pendapatan.Direktur Pemasaran PT Asuransi Jasaraharja Putera Imam Hendrawan, menambahkan bahwa pihaknya siap memberikan layanan terbaik dalam pengelolaan risiko aset Pertamina Mandalika International Circuit. "Kami turut antusias dapat bekerja sama dengan ITDC dalam proyek ini. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum, kami berkomitmen untuk mendukung operasional tribun grandstands dengan perlindungan menyeluruh," ujarnya.Perlindungan asuransi tidak hanya melindungi infrastruktur fisik, tetapi juga memberikan kepastian bagi penyelenggara event, sponsor, serta penonton, memastikan bahwa setiap acara yang digelar tetap aman, berkualitas, dan berstandar internasional."Sebagai salah satu destinasi sport tourism unggulan, The Mandalika harus memiliki infrastruktur yang terjamin keamanannya. Langkah ini adalah wujud nyata ITDC dalam mendukung keberlanjutan ajang motorsport internasional serta pertumbuhan ekonomi lokal yang didorong oleh industri pariwisata dan olahraga," tutup Wenda.
Read MoreJakarta, 9 Januari 2025 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC mendukung Komunitas Real Star, sebuah perkumpulan pegawai dari berbagai BUMN, dalam penyelenggaraan acara amal bertajuk "Kreativitas dan Kebahagiaan" di bulan kasih sayang bersama anak-anak Panti Asuhan Tebet, Jakarta Selatan. Acara yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini melibatkan 40 anak, dan bertujuan memberikan pengalaman edukatif dan rekreatif bagi anak-anak, sekaligus mempererat kepedulian sosial di kalangan pegawai BUMN.Dengan dukungan dari ITDC dan beberapa sponsor lain meliputi Pegadaian dan TMII, acara ini menghadirkan berbagai aktivitas seru dan interaktif. Rangkaian acara diawali dengan keberangkatan peserta dari Panti Asuhan Tebet menuju TMII, kemudian dilanjutkan dengan berbagai aktivitas, seperti games interaktif, kunjungan ke Museum Indonesia, Anjungan, Museum Transportasi, serta sesi edukasi dan hiburan di area Keong Mas. Selain itu, donasi yang telah dibuka sejak 9 Januari 2025 diserahkan sebagai bentuk kepedulian nyata dari komunitas Real Star dan para donatur.Corporate Secretary Group Head, Million Sekarsari menyatakan, “Kami sangat bangga dapat berpartisipasi dalam acara ini, sebagai bagian dari komitmen ITDC dalam mendukung kegiatan sosial yang berdampak positif bagi anak-anak dan komunitas. Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak panti asuhan dapat merasakan pengalaman yang berharga serta kebahagiaan yang akan meninggalkan kesan mendalam bagi mereka. Semoga inisiatif seperti ini dapat terus berlanjut dan menginspirasi lebih banyak pihak untuk berbagi dan peduli terhadap sesama.”Selain menghadirkan berbagai aktivitas yang menyenangkan, acara ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk merasakan pengalaman baru menjelajahi budaya dan transportasi Indonesia. Kunjungan ke berbagai museum di TMII dapat memperkaya wawasan mereka tentang budaya Nusantara, perkembangan transportasi, serta kekayaan destinasi pariwisata Indonesia.Dukungan dari ITDC dan kolaborasi dengan berbagai pihak turut berkontribusi terhadap keberhasilan acara ini. Sebagai bagian dari ekosistem Aviasi Pariwisata Indonesia, ITDC dan TMII berkomitmen untuk terus mendukung berbagai kegiatan sosial yang juga memberikan manfaat di bidang pendidikan dan kesejahteraan anak.Ketua Panitia acara, Wahyu Purnomo Aji, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari semangat berbagi dan kebersamaan. “Kami ingin menghadirkan kebahagiaan serta pengalaman berharga bagi adik-adik di panti asuhan. Harapan kami, acara ini dapat memberikan inspirasi sekaligus memperkuat rasa empati di antara sesama.”ITDC akan selalu membuka ruang kolaborasi dengan komunitas-komunitas dalam menghadirkan program-program sosial yang bermanfaat dan berkelanjutan di masa mendatang.“Kami berharap inisiatif seperti ini dapat terus berlanjut dan menginspirasi lebih banyak anak muda untuk peduli terhadap sesama. ITDC akan selalu mendukung upaya yang membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya bagi anak-anak yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang”, tutup Million.
Read MoreJakarta, 08 Februari 2025 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menghadirkan penawaran spesial bagi para penggemar MotoGP dengan meluncurkan program Early Bird untuk pembelian tiket MotoGP 2025 – Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP), yang akan berlangsung pada 3-5 Oktober 2025, di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tiket dengan harga terbaik ini tersedia secara eksklusif di www.themandalikagp.com dalam periode terbatas, mulai 8 hingga 28 Februari 2025. Dengan harga spesial mulai dari Rp140.000, pembeli dapat menikmati penawaran terbaik sebagai bagian dari program Early Bird. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan diskon terbesar, karena nilai potongan harga akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jangan sampai kehabisan—amankan tiket Anda sekarang juga!Direktur Utama ITDC Ari Respati, menyampaikan bahwa program Early Bird ini merupakan bagian dari strategi untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi masyarakat agar dapat menikmati balapan MotoGP™ dengan harga yang lebih terjangkau. "Kami ingin memastikan bahwa lebih banyak penggemar MotoGP™ dapat merasakan langsung keseruan balap kelas dunia di The Mandalika. Melalui penawaran harga spesial ini, kami berharap antusiasme masyarakat semakin meningkat, sekaligus mendorong pertumbuhan kunjungan wisata ke Lombok.”Tahun ini, VIP Luxury Tent hadir sebagai pilihan terbaru bagi penonton yang menginginkan pengalaman eksklusif dalam menyaksikan IndonesianGP 2025. Berlokasi di beberapa zona strategis, yaitu Zona T1, D, F, dan G, fasilitas ini dirancang untuk memberikan kenyamanan terbaik dengan berbagai layanan premium. Para penonton dapat menikmati tempat duduk yang nyaman, area bersantai yang luas, serta layanan makanan dan minuman eksklusif, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang mengutamakan kemewahan dalam menikmati balapan.Tiket IndonesianGP 2025 tersedia dalam beberapa kategori yang dapat disesuaikan dengan preferensi penonton. Regular Grandstand tersedia di Zona E, G, H, dan I dengan harga mulai dari Rp140.000. Bagi yang menginginkan pengalaman menonton yang lebih premium, tersedia Premium Grandstand dengan harga Rp315.000 untuk Zona B, C, J, dan K, serta Rp612.500 untuk Zona A. Sementara itu, bagi penonton yang mengutamakan kenyamanan eksklusif, tersedia VIP Luxury Tent di Zona T1, D, F, dan G dengan harga Rp5.812.500, serta kategori tertinggi, yaitu VIP Deluxe Class, yang ditawarkan dengan harga Rp11.250.000.Ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2025 akan semakin istimewa dengan berbagai peningkatan fasilitas dan pengalaman yang lebih optimal bagi para penonton. "Kami ingin memastikan bahwa penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia tahun ini berjalan lebih baik dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas, khususnya bagi sektor pariwisata serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). ITDC & MGPA, bersama berbagai pihak, terus berkomitmen untuk menghadirkan ajang balap yang lebih meriah sekaligus memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat sekitar," imbuh Ari.Melalui program Early Bird, para pecinta MotoGP™ berkesempatan untuk mendapatkan tiket dengan harga lebih hemat sekaligus memastikan pengalaman terbaik dalam menyaksikan aksi para pembalap kelas dunia di Mandalika. Beragam kategori tiket tersedia, memberikan fleksibilitas bagi penonton untuk memilih pengalaman menonton yang paling sesuai dengan preferensi mereka.Untuk informasi lebih lanjut mengenai MotoGP™ 2025 – Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP), kunjungi situs resmi www.themandalikagp.com atau ikuti akun Instagram @themandalikagp.
Read MoreThe Mandalika, 04 Februari 2025 – Pertamina Mandalika International Circuit di The Mandalika, Lombok Tengah, NTB, yang dikelola oleh PT MGPA Nusantara Jaya, cucu usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/ITDC, terus menghadirkan pengalaman menarik bagi pecinta otomotif dan wisatawan. Sebagai salah satu destinasi balap kelas dunia, sirkuit ini tidak hanya menjadi sorotan komunitas motorsport, tetapi juga berperan aktif mendorong pariwisata dan ekonomi lokal. Di bulan Februari 2025, Pertamina Mandalika International Circuit semakin memperkuat posisinya sebagai ikon unggulan kawasan The Mandalika, dengan agenda yang mencakup ajang balapan bergengsi serta kegiatan pendukung lainnya yang akan semakin menyemarakan industri olahraga otomotif di Indonesia. Berikut adalah daftar highlight event yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit pada bulan Februari 2025:1. The Mead Johnson - 4th Pediatric Science Network HubPada 1-2 Februari 2025, salah satu perusahaan multinasional menyelenggarakan seminar ilmiah bersama salah satu Ikatan Dokter di Indonesia yang dihadiri oleh 350 dokter dari seluruh wilayah Indonesia yang berlangsung di Royal Hall Pertamina Mandalika International Circuit, sabtu 1 Feb 2025 dengan 7 pembicara termasuk 1 Profesor dari Luar Negeri. Selain seminar, peserta juga akan menikmati welcoming dinner di Bukit 360 dan sesi jalan pagi di sirkuit.2. Yamaha Training & PracticeYamaha Indonesia Manufacturing akan menyelenggarakan sesi training dan practice pada 18-20 Februari 2025, kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta. Rangkaian kegiatan ini mencakup sesi teori serta praktek riding di lintasan sirkuit.3. Test Drive BYDBYD Indonesia akan mengadakan sesi test drive untuk kendaraan mereka pada 26-27 Februari 2025 di Pertamina Mandalika International Circuit. Dalam acara ini, 60 peserta terpilih berkesempatan mencoba langsung performa dan teknologi canggih dari berbagai model kendaraan listrik BYD.Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, menyampaikan, “Pertamina Mandalika International Circuit terus menghadirkan berbagai event menarik, baik untuk dunia motorsport maupun kegiatan non-balap yang memberikan dampak positif bagi industri pariwisata dan ekonomi lokal. Kami berharap event-event di bulan Februari ini dapat memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh peserta dan pengunjung.”Selain event-event tersebut, kegiatan reguler di Pertamina Mandalika International Circuit juga terus berlangsung setiap hari, seperti Lampaq di Sirkuit, Agya GR Arrive and Drive, Track Day, dan Radical Track Experience.Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, hubungi:Lampaq di Sirkuit, Agya GR Arrive and Drive, dan Track Day: +62 821-2559-6792Radical Track Experience: @radicalmotorsport.idn"Pertamina Mandalika International Circuit semakin berkembang sebagai destinasi MICE dan wisata, menarik perhatian lokal maupun internasional. Berbagai event, pemanfaatan fasilitas, keterlibatan komunitas otomotif, dan eksposur media berperan dalam mempromosikan The Mandalika, Lombok, NTB, serta Indonesia. Sebagai aset bangsa, Pertamina Mandalika International Circuit perlu kita kembangkan bersama untuk kemajuan Indonesia,” tutup Priandhi Satria.
Read MoreThe Mandalika, 2 Februari 2025 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN PMD) di Desa Kuta Periode 2024/2025, Universitas Mataram menunjukkan kepedulian nyata terhadap lingkungan dengan menggelar Beach Clean Up dan Transplantasi Karang di Pantai Jingle, Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Sabtu, (01/02). Kegiatan ini menjadi wujud aksi nyata generasi muda dalam menjaga kelestarian ekosistem pesisir serta mendukung pengelolaan pariwisata berkelanjutan.PGS. General Manager The Mandalika, Wahyu M. Nugroho menyatakan, “Sebagai pengembang dan pengelola kawasan The Mandalika, kami sangat mengapresiasi semangat mahasiswa dalam menjaga ekosistem pantai dan laut di The Mandalika. Inisiatif mereka tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, tetapi juga menjadi contoh bagi masyarakat sekitar bahwa keberlanjutan adalah tanggung jawab bersama.”Selain tim kebersihan ITDC dan Mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram, Beach Clean Up yang dilakukan melibatkan anak-anak SD Negeri 2 Kuta, Lombok Tengah, Basarnas, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), dan wisatawan dalam membersihkan sampah di sepanjang pantai, terutama plastik dan limbah yang berpotensi mencemari laut. Sementara itu, transplantasi karang bertujuan untuk membantu pemulihan ekosistem bawah laut yang terdampak oleh aktivitas manusia dan perubahan lingkungan.Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN PMD Desa Kuta, Atas Pracoyo, ST., MT., Ph.d., menyampaikan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini tidak hanya sebatas aksi sosial, tetapi juga sebagai bagian dari edukasi lingkungan bagi masyarakat setempat.“Mahasiswa KKN ingin memastikan bahwa pariwisata yang berkembang di The Mandalika tetap memperhatikan aspek lingkungan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa beserta anak - anak SDN 2 Kuta belajar langsung bagaimana mengelola sampah di kawasan pantai serta berkontribusi dalam pemulihan ekosistem laut melalui transplantasi karang. Hal ini sejalan dengan tema KKN PMD Universitas Mataram, yaitu ‘Desa Wisata dan Zero Waste’.” ujar Pracoyo.Lebih dari sekadar aksi bersih-bersih dan konservasi, kegiatan ini juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat setempat dan wisatawan tentang pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian dari ekosistem pariwisata. “Kolaborasi seperti ini kami harapkan dapat terus berkembang agar menjadikan The Mandalika sebagai destinasi wisata yang tidak hanya indah, tetapi juga lestari dan berkelanjutan,” tutup Wahyu.
Read MoreThe Nusa Dua, 31 Januari 2025 – ITDC Nusantara Utilitas (NU) anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC, terus berkomitmen dalam meningkatkan layanan infrastruktur bagi para tenant di The Nusa Dua, Bali. Salah satu upaya yang dilakukan adalah penguatan jaringan distribusi air bersih dan gas alam guna memastikan pasokan yang stabil dan berkualitas bagi tenant hotel dan fasilitas di kawasan The Nusa Dua.Direktur Utama ITDC A.A Istri Ratna Dewi, mengatakan, "Penyediaan air bersih dan gas alam yang stabil, berkualitas, serta berkelanjutan merupakan bagian dari strategi utama kami dalam mempertahankan The Nusa Dua sebagai destinasi wisata unggulan yang ramah lingkungan. Bersama ITDC kami berkomitmen untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya secara efisien serta memberikan layanan infrastruktur yang andal bagi para tenant. Langkah ini sejalan dengan visi kami dalam menciptakan ekosistem pariwisata yang modern, berdaya saing, dan berkelanjutan."Dalam penyediaan air bersih, ITDC NU bersama mitra PT Memiontec Bakti Bali saat ini tengah melaksanakan pekerjaan konstruksi pipa air bersih untuk tenant The Nusa Dua. Hingga tanggal 10 Januari 2025, progres pekerjaan telah mencapai 88,49%. Seiring dengan pelaksanaan konstruksi tersebut, ITDC NU juga telah menandatangani Kontrak Penyediaan Air Bersih dengan sejumlah tenant di The Nusa Dua, dengan total mencapai 7.250 m³ per hari, diantaranya The Grand Whiz: 100 m³/hari, Kayu Manis Nusa Dua Private Villa: 400 m³/hari, Nusa Dua Beach Hotel & Spa - Handwritten Collection: 2.000 m³/hari, The Westin Resort Nusa Dua: 850 m³/hari, Courtyard Bali The Nusa Dua Resort: 500 m³/hari, Grand Hyatt Bali: 3.000 m³/hari, The Grand Bali: 300 m³/hari, dan Cicada: 100 m³/hari. Penyaluran perdana air bersih di The Grand Whiz dan Nusa Dua Beach Hotel & Spa - Handwritten Collection akan dimulai pada tanggal 1 Februari 2025. Sebagai bagian dari persiapan menuju penyaluran tersebut, saat ini telah dilakukan test commisioning pada 5 tenant The Nusa Dua yaitu The Grand Whiz, Kayu Manis Nusa Dua Private Villa, Nusa Dua Beach Hotel & Spa - Handwritten Collection, Courtyard Bali The Nusa Dua Resort dan Marriott’s Bali Nusa Dua Garden. Langkah ini bertujuan untuk memastikan kesiapan sistem distribusi air sebelum operasional penuh dimulai. Selain itu, ITDC NU juga tengah memperluas jaringan infrastruktur gas untuk memastikan ketersediaan energi yang lebih efisien dan aman bagi operasional hotel, restoran, dan fasilitas lainnya di The Nusa Dua, dengan total sebesar 67.029 Sm³/bulan. Tenant The Nusa Dua yang telah melakukan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) diantaranya The Grand Whiz: 2.385 Sm³/bulan, Nusa Dua Beach Hotel & Spa - Handwritten Collection: 37.100 Sm³/bulan, Kayu Manis Nusa Dua Private Villa: 2.000 Sm³/bulan, Paradisus by Melia Bali: 5.000 Sm³/bulan, Merusaka Nusa Dua: 7.420 Sm³/bulan, Grand Hyatt Bali: 9.520 Sm³/bulan, Bebek Bengil: 636 Sm³/bulan, Le Bleu: 1.378 Sm³/bulan, dan The Grand Bali: 1.590 Sm³/bulan.Director of Operations ITDC Wenda Ramadya Nabiel menambahkan, “ITDC berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur di The Nusa Dua guna mendukung operasional tenant dan kenyamanan wisatawan. Bersama ITDC NU, kami memastikan penyediaan air bersih dan gas yang efisien, andal, dan berkelanjutan. Upaya ini juga berkontribusi dalam pengurangan jejak karbon, sejalan dengan visi ITDC menciptakan ekosistem pariwisata yang modern, ramah lingkungan, dan berdaya saing tinggi. Seiring meningkatnya occupancy dan kunjungan wisatawan pada tahun 2024, ITDC terus menyempurnakan layanan agar tetap terintegrasi dengan beragam inovasi,” tutup Wenda.
Read MoreThe Nusa Dua, 27 Januari 2025 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC di Kawasan The Nusa Dua kembali menghadirkan kemeriahan dalam menyambut Chinese New Year 2025. Sebagai salah satu momen yang dinantikan setiap tahunnya, perayaan Imlek kali ini dihiasi oleh ornamen dan dekorasi khas Imlek yang tersebar di berbagai titik strategis di The Nusa Dua, seperti pintu masuk kawasan, Tugu Mandala, Bale Kulkul, hingga area tenant.ITDC berkomitmen untuk menghadirkan berbagai aktivitas yang dapat menjadi daya tarik wisatawan, sekaligus menawarkan alternatif hiburan bagi pengunjung. Tahun ini, ITDC menyelenggarakan atraksi seni budaya khas Imlek, seperti Barongsai, Wushu, dan Liong Dance, yang digelar hari ini, Senin (27/1/2025), bertempat di Bali Collection dan The Bay Bali, mulai pukul 12.00 WITA.Group Head Operation and Service The Nusa Dua, I Putu Trisna Wijaya menyampaikan, “Kami berharap pagelaran ini dapat menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang tengah berkunjung ke kawasan The Nusa Dua. Kami juga berkolaborasi dengan para tenant kawasan untuk menghadirkan momen berkesan bagi para pengunjung dalam merayakan hari spesial ini.”Sejumlah tenant di kawasan turut menyemarakkan perayaan Imlek dengan menawarkan berbagai promo spesial. Salah satunya adalah pertunjukan Kecak and Barong Dance yang memberikan diskon hingga 30% pada 31 Januari mendatang.Momentum libur panjang Imlek ini juga memberikan dampak positif terhadap tingkat hunian di kawasan. Selama periode 24 – 31 Januari 2025, rata-rata okupansi di kawasan The Nusa Dua tercatat mencapai 77,29%, dengan beberapa hotel mencatat tingkat hunian di atas 80%.Selain itu, untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengunjung selama menikmati libur panjang, tim satuan pengamanan ITDC terus melakukan pengamanan dan patroli di seluruh kawasan. Langkah ini merupakan bagian dari upaya ITDC untuk memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan aman bagi wisatawan.“ITDC berkomitmen untuk terus menghadirkan acara-acara spesial yang tidak hanya meningkatkan daya tarik kawasan tetapi juga mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Bali. Kami mengundang seluruh wisatawan untuk menikmati kemeriahan perayaan Chinese New Year di The Nusa Dua dan merasakan pengalaman tak terlupakan bersama keluarga dan teman,” tutup Putu Trisna.
Read MoreThe Mandalika, 23 Januari 2025 – Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) InJourney yang ke-3, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC menggelar “Program InJourney Peduli Literasi” hari ini Kamis, (23/01) di The Mandalika. Program ini digelar untuk anak-anak di SD Negeri 1 Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan anak-anak yang tergabung di Mandalika Child Learning Center (MCLC). Program InJourney Peduli Literasi merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ITDC, yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak di kawasan The Mandalika.InJourney melalui inisiatif Peduli Literasi berupaya memperkuat literasi di bidang pendidikan, sebagai bagian dari upaya pembangunan SDM berkualitas yang sejalan dengan program Asta Cita pemerintah. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan literasi generasi muda, terutama dalam membaca, menulis, dan berpikir kritis, serta mengembangkan keterampilan yang lebih luas untuk mempersiapkan mereka bersaing ditingkat global. Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, InJourney berharap dapat berkontribusi pada terciptanya SDM unggul yang berdaya saing, yang akan memberikan dampak positif bagi pembangunan Indonesia.Pgs. Corporate Secretary Group Head InJourney, Yudhistira Setiawan menyampaikan “InJourney menyadari bahwa keterlibatan karyawan di setiap aktivitas sosial perusahaan merupakan komitmen perusahaan dalam menciptakan culture yang peduli terhadap lingkungan sekitar sekaligus menstimulasi untuk senantiasa berdedikasi dan berkontribusi bagi kepentingan masyarakat. Kami berharap dengan hadirnya kami untuk masyarakat melalui program ini dapat membantu memperluas wawasan dan pengetahuan serta menstimulasi anak sekolah untuk lebih haus akan informasi yang positif serta memantik minat belajar dan baca masyarakat.”InJourney Peduli Literasi dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama berlangsung di SD Negeri 1 Kuta pada pagi hari, yang mencakup berbagai aktivitas menarik, seperti sesi “ITDC Mengajar”, pembagian susu gratis, senam bersama, permainan edukatif, dan pemberian bantuan berupa buku dan fasilitas penunjang pembelajaran. Sesi kedua dilanjutkan di MCLC pada sore harinya, dengan penyerahan bantuan berupa buku, fasilitas penunjang pembelajaran, permainan edukatif, serta kegiatan belajar yang menarik. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun budaya membaca yang positif sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.“Literasi adalah kunci untuk menciptakan generasi yang cerdas, inovatif dan siap menghadapi tantangan masa depan. Berdasarkan data United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), tingkat literasi masyarakat Indonesia hanya 0,001%, tentu perlu upaya serius untuk memperbaiki kondisi ini. Melalui program InJourney Peduli Literasi, ITDC berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan minat baca anak-anak di The Mandalika, sekaligus mempererat hubungan yang lebih harmonis antara masyarakat dan perusahaan,” imbuh Corporate Secretary Group Head ITDC, Million Sekarsari.Program InJourney Peduli Literasi juga melibatkan Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) dalam mengelola berbagai kegiatan di MCLC. Selain mendukung peningkatan literasi, ITDC memastikan anak-anak mendapatkan pengalaman belajar yang lebih interaktif melalui permainan edukatif dan sesi pembelajaran yang menyenangkan. “Kami berharap, program Peduli Literasi tidak hanya meningkatkan minat baca anak-anak di sekitar Kawasan The Mandalika, tetapi juga menjadi awal dari upaya berkelanjutan untuk menciptakan generasi muda yang lebih berwawasan dan terampil. ITDC akan terus berkontribusi melalui berbagai program yang bermanfaat bagi masyarakat, sejalan dengan visi kami membangun pariwisata berkelanjutan di Indonesia,” tutup Million.
Read More