Whistle Blowing System

A. Latar Belakang

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) / ITDC merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha pariwisata dengan visi menjadi Perusahaan Pengembang dan Pengelola Kawasan Pariwisata yang unggul dalam bidang pelayanan. Dalam menjalankan proses bisnis yang baik dan memberikan pelayanan yang optimal, perusahaan harus didukung oleh etika dan perilaku bersih dari jajaran Karyawan dan Manajemen perusahaan.

Sebagai wujud dari kesadaran dan sifat antisipatif perusahaan terhadap kebutuhan pengembangan etika dan perilaku bersih serta dalam rangka pencegahan dan penanganan terhadap berbagai tindak pelanggaran, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) / ITDC menetapkan Sistem Pelaporan Pelanggaran (SPP)/Whistle-Blowing System (WBS) di lingkungan Perusahaan secara mudah, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan guna mendukung terciptanya penyelenggaraan Good Corporate Governance secara efektif.

B. Tujuan

· Sebagai sarana bagi pelapor untuk menyampaikan informasi penting dan kritis bagi perusahaan kepada pihak yang harus segera menanganinya secara aman tanpa rasa takut atau khawatir karena dijamin kerahasiaannya.

· Dapat mendeteksi dini (early warning system) atas kemungkinan terjadinya masalah akibat suatu pelanggaran.

C. Daftar Istilah yang Digunakan

1. Sistem Pelaporan Pelanggaran/SPP (Whistle-Blowing System) adalah sistem yang digunakan untuk menampung, mengolah dan menindaklanjuti serta membuat pelaporan atas informasi yang disampaikan oleh pelapor mengenai tindakan pelanggaran yang terjadi di lingkungan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero).

2. Tindakan Pelanggaran adalah segala tindakan dalam penyelenggaraan kegiatan perusahaan yang bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku, peraturan perusahaan, pedoman perilaku perusahaan serta moral bisnis yang sehat.

3. Pelapor adalah personil atau badan hukum baik yang berasal dari lingkungan internal maupun eksternal perusahaan yang menyampaikan informasi mengenai kejadian atau indikasi tindakan pelanggaran melalui saluran yang disediakan oleh Perusahaan.

4. Terlapor adalah Direksi, Dewan Komisaris, Organ Pendukung Dewan Komisaris dan seluruh Karyawan Perusahaan termasuk Karyawan yang ditugaskan di Anak Perusahaan dan Perusahaan Afiliasi, serta personil lainnya yang secara langsung bekerja untuk dan atas nama Perusahaan.

5. Pelaporan Tindak Pelanggaran adalah laporan tindakan pelanggaran atau pengungkapan perbuatan yang melanggar hukum, perbuatan yang melanggar pedoman perilaku perusahaan, tidak sesuai moral bisnis yang sehat atau perbuatan lain yang merugikan perusahaan.

6. Benturan Kepentingan adalah sebuah situasi atau kondisi dimana seseorang dihadapkan pada perbedaan kepentingan yaitu ketika seseorang yang mendapatkan kekuasaan dan kewenangan memiliki atau diduga memiliki kepentingan pribadi/golongan atas setiap penggunaan kekuasaan dan kewenangan yang dimilikinya, sehingga dapat mempengaruhi kualitas dan kinerja yang seharusnya.

7. Korupsi adalah setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya

diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian dan/atau Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian Negara.

8. Kecurangan adalah perbuatan tidak jujur atau tipu muslihat meliputi antara lain penipuan, pemerasan, pemalsuan, penyembunyian atau penghancuran dokumen/laporan atau menggunakan dokumen palsu, yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang yang menimbulkan potensi kerugian atau kerugian nyata terhadap perusahaan atau orang lain.

9. Pencurian adalah mengambil barang atau sesuatu baik seluruhnya atau sebagian kepunyaan Perusahaan, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum.

10.Benturan Kepentingan adalah sebuah situasi atau kondisi dimana seseorang dihadapkan pada perbedaan kepentingan yaitu ketika seseorang yang mendapatkan kekuasaan dan kewenangan memiliki atau diduga memiliki kepentingan pribadi/golongan atas setiap penggunaan kekuasaan dan kewenangan yang dimilikinya, sehingga dapat mempengaruhi kualitas dan kinerja yang seharusnya.

11.Penyalahgunaan Jabatan/kewenangan adalah tindakan atau perbuatan yang menyalahgunakan jabatan / kewenangan yang seharusnya dipergunakan untuk mencapai tujuan tertentu dan menyimpang dari tujuan awal jabatan/kewenangan tersebut diberikan.

12.Suap adalah perbuatan seseorang berupa memberi uang sogok/menyogok/memberi hadiah atau janji yang diberikan atau diterima dalam bentuk apapun kepada seseroang yang berpengaruh atau berhubungan dengan jabatannya dengan tujuan ingin mendapatkan sesuatu untuk kepentingan pribadi atau korporasi.

13.Gratifikasi adalah kegiatan pemberian dan atau penerimaan uang, hadiah dan hiburan yang dapat dinilai dengan uang, baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri, yang dilakukan oleh seseorang terkait dengan wewenang/jabatannya di Perusahaan, sehingga dapat menimbulkan benturan kepentingan yang mempengaruhi independensi, objektivitas maupun profesionalisme seseorang.

D. Sarana Pelaporan Pengaduan Pelanggaran

Saluran pelaporan yang tersedia untuk melaporkan pelanggaran adalah melalui surat tertulis atau email dan ditujukan kepada:

Komite Pengelola Pengaduan Pelanggaran

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)

Kawasan Pariwisata Nusa Dua

P.O.BOX 3 Nusa Dua. 80363, Bali,Indonesia

E-mail: whistle.blowing@itdc.co.id

E. Jenis pelanggaran

Perbuatan yang dapat dilaporkan (pelanggaran) melalui Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistle-Blowing System) adalah sebagai berikut:

1. Benturan Kepentingan:

2. Korupsi;

3. Kecurangan;

4. Pencurian/Penggelapan;

5. Pelanggaran dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa;

6. Penyalahgunaan jabatan/kewenangan;

7. Suap/Gratifikasi.

F. Perlindungan Kepada Pelapor

Perusahaan berkomitmen untuk melindungi Pelapor pelanggaran yang beritikad baik dan perusahaan akan patuh terhadap segala peraturan perundangan yang terkait serta best practices yang berlaku dalam penyelenggaraan Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistle blowing System). Semua laporan pelanggaran akan dijamin kerahasiaan dan keamanannya oleh perusahaan. Pelapor yang menginginkan dirinya tetap dirahasiakan diberi jaminan atas kerahasiaan identitas pribadinya, kecuali dalam hal proses hukum memerlukan dibukanya identitas Pelapor.

WHAT’S NEW
KEJAR MOTOGP INDONESIA 2021, ITDC GANDENG PT PP DAN HIMBARA UNTUK PERCEPAT PEMBANGUNAN SIRKUIT MANDALIKA Read More ITDC SIAP SAMBUT IMPLEMENTASI NEW NORMAL PARIWISATA Read More Dukung Penanganan COVID-19, ITDC Bersama CLub Med Indonesia Sumbang 21 Ribu Masker Untuk 11 RS Di Bali Dan NTB Read More Kembangkan Infrastruktur Dasar Kawasan, ITDC Bangun Akses Menuju Pantai Gerupuk Dan Tanjung Aan Read More LINDUNGI MASYARAKAT DARI PENYEBARAN COVID-19, ITDC GELAR DISINFEKTASI DI DESA PENYANGGA THE NUSA DUA Read More Kawasan The Nusa Dua Jadi Lokasi Vaksinasi Covid-19 Masal , Ini Harapan Manajemen Read More 5 Ribu Pelaku Industri Bali Jalani Vaksinasi Covid-19 Read More Bali Siapkan Zona Hijau Covid-19 untuk Wisatawan Asing dan Domestik Read More Bali Now Has Southeast Asia's First Covid Vaccination Drive-Thru Read More Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah Masuk Tahap Pengaspalan, Kapan Target Selesainya? - GridOto.com Read More Pembangunan Sirkuit motoGP Mandalika Tercepat di Dunia Read More Pengaspalan Sirkuit MotoGP Mandalika Dimulai Read More Ada Layanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru di Bali Read More Ada Vaksinasi Covid-19 Drive Thru di Bali Buat Pekerja Pariwisata - Ojek Online Read More Gernas BBI angkat citra destinasi prioritas Mandalika Read More Construction progress of The Mandalika Special Zone Road reaches 58% Read More ITDC dan PNM Berkolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Penyangga The Mandalika Read More Apa Kabar Proyek Sirkuit MotoGP di Mandalika Lombok? Read More Jadi tuan rumah MotoGP 2021, Kemnaker siapkan SDM terampil di NTB Read More World Superbike 2021 Masih Pertahankan Sirkuit Mandalika, Pembangunan Terus Dikebut Read More Dispar NTB menggelar bersih-bersih di Mandalika Read More Kawasan Nusa Dua Gebyar Promo Imlek dan Valentine Read More Sandiaga: Bakauheni Harbour City Bisa Jadi Alternatif Wisata Read More Dukung Perhelatan MotoGP 2021, Angkasa Pura Supports dan ITDC NU Teken MoU Read More Ruang Pintar di Mandalika Read More Ini Alasan Menteri BUMN Erick Thohir Inginkan Holding Pariwisata Read More Urung Ditiadakan, Bau Nyale di Loteng Digelar 3-4 Maret Read More NTB libatkan 300 UMKM meriahkan Gernas BBI 2021 di Mandalika Read More Antisipasi Genangan Air, ITDC Maksimalkan Biopori Read More Dandim 1620/Loteng bersama ITDC Tanam "Pohon Keabadian" di Kek Mandalika Read More ITDC Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Penyangga KEK Mandalika Read More Menparekraf Sandiaga Uno Bakal Bantu Promosi UMKM di MotoGP Mandalika 2021 Read More Infrastruktur kelistrikan penunjang MotoGP Mandalika Read More ITDC Pastikan MotoGP Digelar Oktober 2021, Ini Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika Read More Jokowi: Mandalika Kini Jadi Kawasan Maju dan Terkoneksi Internet Read More Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika Banjir, Ini Penjelasan ITDC Read More Banjir Lombok Tengah, Pengelola KEK Pariwisata Mandalika Cek Infrastruktur Read More Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah 55 Persen Read More Mandalika yang Membangun Citra Read More Dorna Dijadwalkan Cek Kesiapan Sirkuit MotoGP Read More ITDC pastikan Mandalika beroperasi normal pascabanjir Lombok Tengah Read More Temui Erick Thohir, Sandiaga Uno Akan Bantu Siapkan Holding BUMN Pariwisata Read More Melihat Pesona 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia yang Menakjubkan Read More Asia Talent Cup 2021 Punya Jadwal di Sirkuit Mandalika, Ini Tanggalnya Read More Progres Sirkuit MotoGP Memuaskan Read More Sandiaga Pastikan Sirkuit MotoGP Mandalika Selesai Juli 2021 Read More Persiapan MotoGP Mandalika, Gubernur NTB: Semua Masih dalam Waktu yang Direncanakan Read More Ragam Wisata Olahraga yang Bisa Dilakukan di Mandalika Read More Menteri Basuki dan Sandiaga Uno Target Tuntaskan 5 Bali Baru Pertengahan 2021 Read More Menparekraf Will Facilitate MSMEs in MotoGP 2021 Read More Cegah Penyebaran Covid-19, ITDC Beri Bantuan Disinfektan pada Tenaga Kebersihan dan Keamanan Read More Bikin Penasaran, Satu Pantai di Mandalika Punya Dua Pasir Read More Toilet Pariwisata Terbaik Ada di The Mandalika Read More Dukung MotoGP, PUPR Bangun 817 Sarana Hunian Pariwisata di NTB Read More Menengok Cantiknya Homestay untuk Mendukung Perhelatan MotoGP 2021 Read More UMKM Ikut Andil dalam Penyelenggaraan MotoGP Mandalika Read More Mandalika Siap Jadi Sport Tourism Unggulan di Indonesia Read More Sandiaga Pastikan Mandalika Layak Jadi Venue Wisata Olahraga Read More Sandiaga Klaim Toilet di Mandalika Terbaik Se-Indonesia Read More MENPAREKRAF KUNJUNGI THE MANDALIKA Read More Pariwisata Sepi, Sandi Akan Gelar Mini Triatlon di Mandalika Read More Pantai-pantai Menggoda di Kawasan Mandalika Read More 22 Akomodasi Pariwisata di ITDC Tersertifikasi CHSE dari Kemenparekraf Read More FOTO: Pembangunan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia Hampir 50 Persen Read More Dorna Sport Akan Cek Kesiapan Sirkuit Mandalika Februari Ini Read More Lahan Enklave Kawasan The Mandalika Mulai Dikosongkan, Warga Bongkar Sendiri Bangunannya Read More Track Utama Sirkuit Mandalika Tersambung 100 Persen Read More Proses Pembangunan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia Hampir 50 Persen Read More Pembebasan Lahan Sirkuit Mandalika Semakin Lancar, Pihak ITDC Berharap Begini Read More Enam Pemilik Lahan Terima Uang Konsinyasi Lahan Enclave KEK Mandalika Rp12,9 Miliar Read More Antusiasme Sambut MotoGP Mandalika, Warga Desa Kuta Rela Berbagi Rumah dengan Turis Read More Proses Land Clearing Lahan Sirkuit MotoGP Mandalika Berjalan Kondusif Read More MotoGP Mandalika Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan Asing Read More Tak Mau Kelewatan Ajang MotoGP Dan WSBK, Menpora dan Menparekraf Pantau Proyek Sirkuit Mandalika Read More Follow the latest information from the COVID-19 Mitigation Task Force at http://covid19.go.id and help prevent the spread of COVID-19. Read More