corp banner4

ITDC Bangun Sirkuit Jalan Raya Pertama di Dunia di the Mandalika

icon calendar 20 Januari 2017

Sirkuit dicanangkan untuk menjamu Kejuaraan Dunia Balap Motor pada 2019

 

PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan membangun Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).    Rencana pembangunan tersebut diawali dengan penandatanganan  Nota Kesepahaman (MoU) antara ITDC dengan Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting, dua perusahaan perancang, pengembang, dan operator sirkuit balap motor global, pada 20 Januari lalu. 

Sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep, sirkuit di Mandalika akan dibangun dengan standar FIM and FIA untuk kelayakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor, dan akan menawarkan sejumlah keunggulan yang membuat sirkuit dicanangkan untuk menjadi tuan rumah Grand Prix Mandalika.

Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama ITDC, mengatakan, “Merupakan suatu kebanggan bagi ITDC untuk dapat mempersembahkan sebuah infrastruktur kelas dunia yang dapat membawa event-event top dunia ke Lombok dan ke Indonesia.  Sirkuit jalan raya Mandalika akan menjadi satu-satunya sirkuit jalanan di dunia yang menawarkan panorama indah sebuah lagun, sebuah solar cell farm, sebuah lapangan golf, area komersil dan perkotaan, serta Samudera Hindia.  Struktur alam sekitar sirkuit juga secara alami akan menyediakan puncak-puncak bukit dimana pengunjung dapat memandang sirkuit secara terbuka sambil menikmati keindahan tepi laut dan area terbuka hijau.”

Penandatanganan MoU akan diikuti oleh pengembangan disain dalam beberapa bulan ke depan serta perencanaan untuk menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Balap Motor ‘Grand Prix Mandalika’ pada 2019. 

Nick Morley, Managing Director Roadgrip Motorsports UK Ltd, memaparkan, '’Roadgrip akan menyediakan jasa penyelenggaraan proyek kejuaraan balap dunia yang lengkap untuk Grand Prix Mandalika, mulai dari penyiapan dan pembangunan trek, konsultasi dan usaha-usaha pendanaan.  Kami yakin  proyek ini akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi pariwisata dan penciptaan lapangan pekerjaan di Mandalika dan Lombok, serta eksposur internasional yang dibutuhkan kawasan ini.”

Mark Hughes, Managing Director Mrk1,menambahkan, “Kami sangat bersemangat dapat bekerjasama dengan ITDC di salah satu lokasi terbaik di dunia untuk pembangunan sebuah sirkuit internasional.  Membawa kejuaraan dunia balap motor ke lokasi ini akan meningkatkan awareness mengenai pengembangan sebuah kawasan pariwisata kelas dunia di Indonesia.  Seluruh komunitas balap motor dunia juga menanti untuk datang ke tempat ini.”

Mirip dengan Singapura dan Monaco, sirkuit jalan raya di Mandalika akan bersifat musiman, terbuka untuk publik sepanjang tahun, dan diubah untuk menjamu event-event balap motor internasional.

“Pembangunan sirkuit jalan raya di Mandalika akan meningkatkan nilai jual dan nilai tambah pariwisata di NTB, sehingga wisatawan semakin banyak pilihan dalam berwisata di NTB khususnya Mandalika,” tutup Abdulbar M. Mansoer.

 

Roadgrip Motorsports UK Ltd:

Roadgrip adalah sebuah perusahaan global dengan spesialisasi dalam persiapan permukaan, penyelesaian, dan kegiatan konstruksi lainnya untuk industri bandara, balap motor, dan jalan bebas hambatan.  Selama lebih dari 20 tahun Roadgrip telah bekerjasama dengan pemerintah, operator bandara dan jalan bebas hambatan, dan organisasi penyelenggara balap motor dunia dalam proyek-proyek internasional. 

 

Mrk1 Consulting:

Mrk1 adalah pemimpin dalam pengembangan sirkuit balap motor dari konsep menjadi karya nyata yang berkelanjutan.  Mrk1 telah mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengoperasikan sirkuit-sirkuit di delapan negara dalam dua belas tahun terakhir, dengan lima trek berikutnya dalam tahap pengembangan maupun pembangunan.

HALAMAN LAIN

WhatsApp Image 2018 11 06 at 14.52.58

CEO Dorna Sports SL mengambil waktu liburan untuk mengunjungi Pulau Bali

25 September 2018
CEO of Dorna Sports SL took a short break to visit the Island of Bali
SELENGKAPNYA
WhatsApp Image 2018 11 06 at 14.52.58

JADIKAN BADUNG SEBAGAI SPORT TOURISM DESTINATION, PESONA NUSA DUA FIESTA 2018 DIKOLABORASIKAN DENGAN SPORT EVENT MANDIRI BADUNG INTERNATIONAL NIGHT RUN 2018

20 Januari 2017
Pesona Nusa Dua Fiesta hadir kembali! Event tahunan yang diselenggarakan oleh ITDC, merupakan Festival Budaya dalam rangka promosi pariwisata Bali dan Indonesia di kancah nasional dan internasional
SELENGKAPNYA
01 ITDC WIKA Elmar Signing

ITDC DAN WIKA TANDATANGANI KONTRAK PROJECT PEKERJAAN INFRASTRUKTUR MANDALIKA

26 Januari 2017
SELENGKAPNYA
03 ITDC PP Signing

ITDC dan PP Akan Bangun Club Med di the Mandalika

13 Februari 2017
SELENGKAPNYA
WhatsApp Image 2017 02 16 at 11.49.35 AM

ITDC Peduli Bencana Tanah Longsor Kecamatan Kintamani

8 Februari 2017
SELENGKAPNYA
Peresmian Signage Kuta Mandalika

Menteri BUMN Resmikan Icon Kuta Mandalika

2 Maret 2017
SELENGKAPNYA
kuta mandalika

PEMERINTAH AUSTRALIA LIRIK PELUANG INVESTASI @THE MANDALIKA

10 Januari 2017
SELENGKAPNYA
Kuta Mandalika Lombok

WIKA Raih Proyek Penataan Pantai Kuta, Mandalika Lombok

20 Desember 2016
SELENGKAPNYA
newsitdc

ITDC: BUMN/BUMD Terbaik Pada Anugerah Cinta Karya Bangsa 2016

6 Desember 2016
SELENGKAPNYA
CSR3

ITDC Raih CSR Award dan Super Platinum THK Award

28 November 2016
SELENGKAPNYA
RON 4170

ITDC: THE BEST BRAND REJUVENATION

3 November 2016
SELENGKAPNYA
Pullman Mandalika

Hotel Pullman Mandalika Mulai Dibangun

SELENGKAPNYA